Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Persamaan dasar akuntansi merupakan pengetahuan yang penting untuk dipahami. Persamaan akuntansi ini adalah sebagai dasar dalam pencatatan akuntansi, oleh karena itu persamaan ini harus betul-betul dipahami.  Pemahaman tentang persamaan dasar akuntansi dan unsur-unsur yang terdapat didalamnya dapat mempermudah dalama pembuatan laporan keuangan.

Pengertian tentang Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi pada dasarnya berisi hubungan antar aset atau elemen harta perusahaan dengan modal dan utang yang mereka miliki. Hubungan di antara mereka harus menciptakan adanya keseimbangan antara debet (di sisi kiri) dengan kredit ( di sisi kanan) pada laporan atau jurnal keuangan. Persamaan dasar akuntansi dapat ditulis dengan rumus:

Debet = Kredit

Aset = Utang + Modal

Aset merupakan harta perusahaan dan ditempatkan ke dalam saldo debet dan berada di sebelah kiri. Sedangkan utang dan modal merupakan saldo kredit sehingga dicatat di sebelah kanan. Persamaan ini disebut persamaan dasar karena berisi tentang keseluruhan tahap pencatatan akuntansi yang ditulis di dalam jurnal sampai pada bentuk laporan keuangan.

Rumus persamaan dasar akuntansi di atas merupakan rumus yang paling sederhana dan mendasar. Tapi, rumus di atas akan berkembang seiring dengan bertambahnya operasional perusahaan atau kegiatannya semakin berkembang. Sebagai konsekuensinya, maka akan muncul unsur-unsur lain yang mempengaruhi persamaan dasar akuntansi tersebut, misalnya:

Debet = Kredit

Aset + Biaya = Utang + Modal + Pendapatan + Prive

Biaya dianggap sebagai saldo debet sama dengan aset, jika terjadi penambahan maka akan di debet, dan jika ada pengurangan maka akan di kredit. Kebalikannya, pendapatan dan prive dianggap sebagai saldo kredit sama dengan utang dan modal. Jika prive mengalami pengurangan, maka akan di debit dan kebalikannya jika prive mengalami penambahan maka akan di kredit.

Unsur-unsur pada Persamaan Dasar Akuntansi

Unsure-unsur yang menjadi bagian dari persamaan dasar akuntansi adalah unsur-unsur yang ada pada persamaan tersebut, yaitu aset, biaya, utang, modal, pendapatan dan prive.

Aset

Aset disebut juga sebagai harta dalam pengertian akuntansi. Aset ini mencakup semua harta yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan dinyatakan dalam  satuan uang. Dalam dunia akuntansi, aset dibagi menjadi dua, yaitu: aset lancar and aset tetap.

Utang

Utang adalah kewajiban yang dimiliki oleh suatu perusahaan terhadap pihak-pihak tertentu. Dalam dunia akuntansi, utang ini juga dibagi menjadi dua sesuai dengan jatuh tempo pembayaran, yaitu utang jangka panjang dan utang lancar.

Modal

Modal merupakan hal milik atas kekayaan suatu perusahaan. Jumlah keseluruhan modal diperoleh dari jumlah aset tetap dan lancar dikurangi dengan utang. Misalnya: laba ditahan, modal hibah, modal sendiri, tambahan modal disetor. Modal juga sering dikenal dengan istilahj ekuitas.

Biaya

Biaya adalah segala pengorbanan yang telah dikeluarjan untuk mendapatkan pendapatan. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan misalnya biaya sewa, biaya listrik, biaya gaji, dll.

Pendapatan

Pendapatan adalah pemasukan yang diterima oleh suatu perusahaan sebagai hasil dari penjualan jasa atau benda. Misalnya: pendapatan sewa, penjualan produk, dll.

Prive

Prive disebut juga sebagai pegambilan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi. Prive ini bisa berwujud pengambilan kas perusahaan dalam jumlah tertentu. Dalam laporan modal, prive ini akan mengurangi modal perusahaan.

Itulah pengertian persamaan dasar akuntansi beserta unsur-unsur yang mempengaruhi persamaan tersebut. Untuk memudahkan dalam membuat laporan akuntansi, sebaiknya pengertian persamaan dasar dan juga unsur-unsur yang mempengaruhinya harus benar-benar dipahami.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.